Virus Distemper pada Musang

8:42 AM


merupakan penyakit pada hewaan yang menyerang saluran pencernaan, pernafasan dan sistem saraf pusat, penyakit distemper menyerang semua umur pada musang, namun sering terjadi pada umur muda. biasanya virus ini menyerang di usia 1 tahun kebawah.

Distemper menyebabkan gejala pada beberapa sistem tubuh, termasuk saluran pencernaan, saluran pernapasan, otak . Munculnya gejala dari distemper bisa bervariasi, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang sangat fatal. 
Berikut gejala-gejalanya :

  • Demam 
  • Cairan keluar dari mata dan hidung
  • Lesu, batuk, sesak nafas, kehilangan nafsu makan,muntah dan diare
  • gejala neurologis bervariasi seperti:
    - Otot berkedut
    - Kelemahan atau kelumpuhan
    - kejang tidak terkendali di beberapa bagian tubuh (kejang yang dicirikan dengan adanya pengeluaran liur tak terkendali dan gerakan mengunyah seperti sedang mengunyah permen karet)
    - gerakan yang tidak terkordinasi
    - peningkatan sensitivitas terhadap sentuhan atau rasa sakit
  • Pengerasan tapak kaki dan hidung,.

    virus distember menyebar melalui udara dan paparan droplet.  Perkembangan virus ini dalam tubuh sangat tergantung dari kondisi hewan yang terinfeksi. Bila hewan telah memiliki kekebalan, maka hewan tersebut akan menjadi subklinis dan sel yang telah terinfeksi akan lisis atau terjadi neutralisasi virus. Bila respon imun gagal, maka akan membawa hewan kepada kematian dalam waktu 2-4 minggu setelah infeksi.

    cara mencegah penyakit ini sangat lah bisa dibilang mudah, cukup lakukan vaksinasi musang di umur 3-4 bln. Pastikan untuk menjauhkannya dari setiap musang atau lingkungan yang terinfeksi sampai dia selesai dengan vaksinasinya.pembersihan secara rutin di rumah Anda (atau kandang) akan memastikan bahwa virus tidak berada dalam lingkungan tempat tinggal musang Anda.

    musang yang sembuh dari distemper mungkin akan mengalami kejang atau gangguan sistem saraf pusat yang mungkin akan muncul setelah bertahun-tahun kemudian (kadang di usia tua mereka). Mereka juga dapat mengalami kerusakan otak dan saraf permanen, dan gejala-gejala ini juga mungkin tidak akan muncul sampai beberapa tahun kemudian

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images