Garangan

12:15 PM


                                     


Cerpelai dari India ini dalam latinnya disebut Herpestes javanicus auropunctatus–atau Java mongoose dalam Inggris. Satwa ini menyebar di Asia Selatan dari Pakistan sampai pesisir Cina dan juga di Semanjung Malaysia serta di Pulau Jawa. Satwa ini pernah disebarkan ke Amerika Selatan, Jepang, Eropa, dan beberapa pulau di Samudera Pasifik. Satwa ini dikirim untuk menjadi pemangsa tikus.Satwa ini hidup di kawasan iklim tropis dan di daratan.

Tubuhnya seperti cerpelai umumnya, tetapi lebih kecil ukurannya. Bulunya bisa berdiri hingga ia akan tampil lebih besar dari aslinya. Berat jantan bisa mencapai 650 gram dan betinanya 430 gram.Jantannya akan siap kawin pada usia empat bulan. Mereka akan tetap subur dengan kandungan spermatozoa sepanjang hidupnya, sedangkan betinanya subur untuk kawasan selatan bumi pada Agustus hingga Februari dan di utara antara Februari hingga September. Lamanya masa kehamilan 49 hari. Jumlah kelahiran antara dua hingga lima ekor.Umumnya spesies ini penyendiri tetapi ditemukan juga kelompok sosial cerpelai India ini. Mereka sepenuhnya beraktivitas pada siang hari, diurnal.


Mereka pemakan insekta, reptil seperti ular dan kadal, bahkan burung, dan juga buah-buah serta telur burung atau reptil.Cerpelai ini dikenal karena kemampuannya mengalahkan ular berbisa.Populasi hewan yang diekspor ini bisa membawa penyakit rabies. Dan beberapa yang dibawa ke kepulauan bahkan memunahkan spesies burung.Keunggulannya Garangan? Dasarnya sederhana, ular kobra bisa membunuh lawannya dlm satu patukan, jd dia ga boleh tergigit satu kalipun. Dan kunci utk mengalihkannya sederhana : garangan akan membiarkan ular menyerang lebih dulu, lalu dia menghindar dgn cepat. Dia melakukannya ber ulang2 smp ular tsb kelelahan. Setelah itu, barulah cerpelai menyerang ular dan dia harus melakukannya dgn cepat agar tdk terkena satu gigitan pun. Begitu dia menyerang ular, maka dia akan langsung menggigit lehernya agar ular itu tdk mampu bangkit lgJd keunggulan garangan adalah : stamina, kelincahan, dan kecerdikan

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images