Musang air ( Cynogale Bennettii )

11:16 PM


                                    Hasil gambar untuk musang air
Musang air  (Cynogale bennettii) merupakan musang asli indonesia yang dilindungi oleh undang-undang ,karena keberadaan yang kini sudah sulit ditemukan. musang air ini hanya dapat ditemukan di indonesia (Sumatera dan Kalimantan), Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Musang air memiliki beberapa bentuk adaptasi, antara lain mulut yang lebar dan kaki berselaput dengan alas kaki telanjang dan cakar yang panjang. Moncong hewan ini berbentuk panjang dan memiliki banyak kumis yang panjang pula.

musang semi akuatik ini, merupakan hewan nokturnal, karena aktif pda malam hari, terkadang juga musang ini beraktifitas pada siang hafri, musang ini memakan : ikan, kepiting, dan hewan air lainnya. selain itu juga memakan burung, buah dan unggas.

musang air ini hampir menyerupai berang- berang , musang air dewasa mempunyai berat badan sekitar 3-5 kg.
                                Hasil gambar untuk musang air

Habitat musang air terdapat daerah hutan rawa gambut dan terkadang dijumpai juga di hutan kering dataran rendah. binatang di lindungi ini mendiami daerah di sekitar sungai dan lahan basah. Persebaran musang air (Cynogale bennettii) mulai dari Indonesia (Sumatera dan Kalimantan), Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand bagian selatan. Diduga, binatang semi akuatik ini juga mendiami Vietnam.
Meskipun jumlah populasinya tidak diketahui dengan pasti, namun musang air termasuk binatang langka dan dilindungi di Indonesia berdasarkan PP no 7 tahun 1999. Oleh IUCN Redlist musang air dikategorikan dalam status konservasi “endangered” atau “terancam punah” sejak tahun 1996. Dan oleh CITES didaftar dalam Apendiks II.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images