Memperlakukan Musang Hamil

10:59 PM


belajar dari sharing tentang musang pada setiap acara ivent musang lovers, berikut hasil diskusi bagaimana memperlakukan musang betina saaat  masa kehamilan sudah lewat 2 minggu.


1). letakan musang ditempat yang nyaman, kalo bisa musang ditaruh ditempat yang sepi, dalam artian tidak ada orang yang berlalu lalalng, sediakan wadah kotak dan kain bersih di dalam kandang, beri musang makanan yang bergizi dan jangan lupa juga memberi air, biasanya musang hamil, tidak akan banyak makan, tetapi lebih sering minum.. dan juga untuk mencegah dehidrasi pada musang.

2).saat musang mengandung, diharapkan musang tersebut jangan digendong, dibawa kemana-mana dan juga diajak main, karena dapat menggangu janin pada musang. biasanya musang yang sedang menggandung sedikit gelisah dan resah, musang yang mengandung pada kehamilan 2 minggu, biasanya puting terkihat membesar, dibagian kelamin sering basah dan juga bulu bagian sekitar vagina - puting sedikit mengurang.

3). Indukan yang terlihat kesulitan melahirkan. Sebaiknya sesegera mungkin ke dokter hewan untuk dipreksa lebih lanjut. Musang betina yang sudah melahirkan biasanya akan merawat anaknya dengan baik, apabila tidak terganggu oleh lingkungan. Tetapi ada pula yang indukan juga merasa gelisah dan membwa sang anak berpindah pindah tempat, ada pula yg tidak mau menyusui selama beberapa jam/hari, sebaiknya ini harus segera ditangani oleh owner sendiri.


4). Untuk indukan yg stres bisa saja memakan anaknya saat dilahirkan, karna faktor ketidaknyamanan sang induk, yg khawatir dgn sianak dll. Indukan akan menyusui sekitar 1-2bulan lebih, tetapi kita bisa menyusuinya sendiri dgn susu lain sekitar 1-1,5bulanan kurang lebih. Dan tetaplah berikan supan makanan yg baik saat indukan melahirkan, karena sedikit nutrisi dan tenaga induk telah diberikan ke anaknya disaat melahirkan. Dan ingat, sterilkan lingkungan kandang, sterilkan tangan saat memegang baby musang. Disaat baby masih berumur dibwah 1bulan jangan 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images