Cara Menjinakan Musang Galak/ Liar

11:39 PM

Setiap musang memiliki karekter masing-masing …  Nah sekarang ane mau share ilmu yg ane dapetin n ane survey sendiri sama musang ane selama memelihara musang sejak 1 tahun lalu, ya mungkin belum lama Cuma 1 tahun…  ada beberapa cara buat ngejinakin musang tapi ya itu gemana si karakter musang itu sendiri gampang menerima manusia ga di hatinya, kalo gampang ya mungkin cepet bakalan jinak tapi kalo susah nerima kita ya harus Sabar n istiqomah ngehadepinnya… Menjinakkan musang juga harus :

o Sabar
o Telaten
o Jangan ada sifat dendam sama musang karena gigit
o PDKT secara (max, bertahap, Low)
o Sering adanya sentuhan
o Berinteraksi Ada pun cara untuk penangannanya yang sering ane lakuin sebagai berikut :

 1. Mandiin musang mandiin musang galak ga langsung sekaligus pake sentuhan tangan mungkin harus ada beberapa alat seperti sarung tangan, sikat Wc tapi yg panjang dan halus biar pas kita gosokin ga kena gigitannya, mandiin musang bagusnya pada pagii hari pada saat matahari belum terlalu terik untuk menjemurnya.. nah waktu ngejemur juga ga usah kena terik matahari taro aje di tempat yg ada sinar/ga ada sinar juga gpp si yg penting dalam ruangan terbuka..

2. Kasih makan pada tangan(handfeet) Dengan cara menyodorkan makanan pada saat dia makan akan membantu tanggapan dia kepada kita… lakukanlah setiap waktunya makan saat kita ada waktu untuk memberikan makanan kepada musang tersebut…. Dengan seiring berjalannya waktu musangpun akan mengerti apa yg kita mau…

 3. Ajaklah dia berinteraksi musang akan cepet mengerti jika kita selalu ajak interaksi… dalam interaksi ada beberapa contoh seperti ajak dia bicara, walaupun musang tidak biasa bicara dalam bahasa kita insya allah mungkin dia mengerti… musang juga punya rasa n punya hati….

 4. Seringlah pegang / elus-elus beranikan untuk memegang musang, karena secara tidak langsung musang dengan sentuhan demi sentuhan akan merasa terancam menurut dia tetapi jika kita selalu memegang musang tersebut juga akan merasakan kenyamanan… tapi inget jika musangnya masih suka gigit keras diwajibkan pake sarung tangan… mula-mula cobalah sentuh bagian badan terus terus n terus butuh waktu… jika udah merasa anteng cobalah beranikan untuk mengelus kepalanya,,, ya mungkin masih rada agresif mungkin karena baru… secara terus menerus juga n pasti membutuhkan waktu….    Mungkin dengan sesering mungkin melakukan hal-hal diatas mungkin lebih cepat juga untuk mengubah galak menjadi jinak… inget ya musang mempunya karakter berbeda-beda, Mengubah itu semua membutuhkan waktu n kesabaran, kalo emang ga sanggup buat melakukannya lebih baik hibahkan saja / suruh ngurus sama yg lebih bias, soalnya kebanyakan owner lebih milih musang yg jitot daripada berusaha untuk menaklukan musang tersebut dengan kasih sayang …. Semakin sering musang melihat kita akan ramah sama kita.. 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images