binturong

5:52 PM


                                        Hasil gambar untuk binturong
binturong ,musang besar yang mempunyai nama latin artictis binturong ini merupakan salah satu anggota dari suku viverridae, musang binturung memiliki berbagai macam sebutan, seperti binturung, menturun,menturung, bahkan biasa nya hewan ini juga kerap disebut sebagai bearcat ,karna memiliki postur tubuh yang besar, ekor besar serta bulu yang lebat menyerupai beruang. binturong  termasuk bangsa Carnivora, yang artinya pemakan daging atau pemangsa, makanan binturung terutama adalah buah-buahan 

binturong memiliki warna tubuh yang hitam atau kecoklat-coklat an Pada masing-masing ujung telinga terdapat seberkas rambut yang memanjang. Ekor berambut lebat dan panjang, terutama di bagian mendekati pangkal, sehingga terkesan gemuk. ekor binturong juga dapet digunakan sebagai kaki kelima ketika sedang berada di pohon.

sebagai umumnya musang binturong aktif pada malam hari { nocturnal } walaupun terkadang juga ada yang aktif pada siang hari.Pandai memanjat dan melompat dari dahan ke dahan, binturung biasanya bergerak tanpa tergesa-gesa di atas pohon. Ekornya digunakan untuk keseimbangan, atau kadang-kadang berpegangan manakala sedang meraih makanannya di ujung rerantingan. Cakarnya berkuku tajam dan melengkung, memungkinkannya untuk mencengkeram pepagan dengan kuat. Kaki belakangnya dapat diputar ke belakang untuk memegang batang pohon, sehingga binturung dapat turun dengan cepat dengan kepala lebih dulu.
Binturung mengeluarkan semacam bau, seperti umumnya musang, dari kelenjar di bawah pangkal ekornya. Bau ini digunakan untuk menandai wilayah kekuasaannya.
                                       Hasil gambar untuk binturong

Di desa-desa pinggiran hutan maupun dikota besar, binturung sering dipelihara sebagai hewan kesayangan. ketika hewan ini masih kecil dan membiasakannya dengan kehidupan manusia
dengan berjalan nya waktu binturong kerap diperjual belikan di pasar gelap maupun psar hewan dikota-kota besar. terkadang binturong dibeli untuk sekedar dipelihara, bahkan juga kerap dijadikan dimanfaatkan bagian-bagian tubuhnya sebagai bahan obat tradisional.

binturong kini merupakan salah satu hewan yang dilindungi di indonesia.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images