infeksi mata dan katarak pada musang

2:41 PM

INFEKSI MATA adalah gejala yang terlihat adanya kotoran mata(belek), mata yang membengkak, mata yang menyipit, kelopak mata yang lengket karena cairan dari kotoran mata, bahkan goresan pada selaput kornea mata karena terkena kuku.

KATARAK adalah terlihatnya warna putih/abu pekat pada kornea mata bagian dalam, karena lensa mata yang menebal dan keruh Biasanya akan terlihat jelas putihnya pada sore hari menjelang gelap, karena pupil (irish) mata melebar/membesar sehingga terlihat bagian dalam mata. Di siang hari akan hilang karena pupil mata mengecil/memyempit.
Penyebab katarak Ada beberapa faktor penyebabnya, seringkali terjadi pada musang di bawah usia 6 bulan. Penyebabnya karena kurangnya unsur vitamin A (Retinol) yang parah sehingga menyebabkan retina dan lensa mata menebal dan terlihat memutih, faktor pemicu lain adalah musang terlalu sering terpapar cahaya yang menyilaukan mata sehingga menyebabkan penebalan(kabut) pada selaput kornea mata maupun bagian dalam pupil pada lensanya menebal juga.
Pengobatan katarak Berikan vitamin A 6000iu, 1/2 tablet saja seminggu sekali , untuk hariannya berikan 1-2 butir minyak ikan, serta dengan pemberian buah2an, kacang2an yang banyak mengandung vit A. terapi ini bisa di lakukan selama 2 bulan, biasanya lensa mata akan kembali bening (normal) walaupun kadang kala tidak sampai 100% kembali normal apalagi jika katarak sudah terlanjur parah.untuk menhindari penebalan/berkabutnya kornea mata, hindarkan kandanseperti
Penyebab infeksi mata infeksi mata seringkali sebagian besar di sebabkan oleh adanya virus yang menjangkiti mata, selebihnya adalah karena luka gores pada selaput kornea.
Pengobatan pada infeksi mataUntuk mata yang lengket karena tertutup kotoran mata (belek), celup kapas di air hangat, pulaskan pada kotoran mata jangan ada tekanan pada mata, jika sudah bersih bisa di oleskan salep mata 2 x sehariuntuk pengobatan dari dalam tubuh berikan Cefixime 100mg berikan 1/4 kapsul berikan selama 5-7 hari.Ada berbagai macam merk antibiotik obat mata seperti gentamicin, tricin, fenicol dsb. dapat di beli di apotik langsung.

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images