Musang Sulawesi

12:46 AM


                                        Hasil gambar untuk musang sulawesi
musang sulawesi (Macrogalidia musschenbroekii) adalh musang yang kini keberadaan sudah jarang di hutan , musang ini merupakan hewan endemis di sulawesi, musang ini tergolong hewan omnivora yang memakan mamalia kecil, buah dan rumput. walaupun terkadang memakan burung dan unggas kecil.


Untuk data predator dari musang sulawesi ini masih belum diketahui pasti, tapi kebanyakan diburu oleh MANUSIA sebagai predator utama. Musang sulawesi sering diburu sebagai makanan manusia atau sering kali dibunuh hanya karena mengganggu ternak dari warga sekitar perhutanan, serta akibat dari penangkapan ilegal yang nantinya akan dijual di daerah lain seperti di Jawa dan Bali. Berkurangnya populasi musang sulawesi ini diakibatkan karena kehilangan hutan di Sulawesi tahun 2000-2010. Musang sulawesi ini susah untuk diestimasi karena data terbatas tentang alamnya.. Di hutan dataran rendah telah dilakukan pembabatan pohon secara luas sedangkan untuk hutan dataran tinggi susah diakses oleh musang sulawesi karena telah ditempati oleh manusia.
Kasihan juga ya musang sulawesi ini, padahal habitatnya dirusak karena ulah manusia sehingga mau tidak mau harus berpindah ke tempat perkebunan untuk habitatnya dan tempat perburuannya tapi masih dianggap sebagai pengganggu. Untuk itu sekarang telah ada upaya konservasi dari daerah Sulawesi sendiri. Upaya konservasi yang telah dilakukan adalah perlindungan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Cagar Alam Gunung Ambang, Cagar Alam Tangkoko-Batuan, Taman Nasional Lore Lindu, dan Cagar Alam Morowali.
                          Hasil gambar untuk musang sulawesi

Musang sulawesi berwarna kastanye cokelat muda dengan sejumlah campuran bulu halus. Bagian tubuh bawahnya beragam dari kuning kemerahan hingga putih, dadq nyasedikit berwarna kemerahan. Ada sepasang garis membujur yang tak jelas dan beberapa titik gelap di bagian tersembunyi.  ekornya  ditandai dengan cincin gelap dan cokelat muda yang berselang-seling, yang tidak dapat dibedakan di permukaan bawah, dan lenyap menuju ujung yang gelap.musang sulawesi menyerupai musang pandan

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images